Kerjasama Uber dan Kelola Mendukung Pengusaha Kecil dan Menengah Bersama Uber di UberENTREPRENEUR 2017

 

T dak dapat dipungkiri, bahwa untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari pada masa ini terbilang cukup sulit. Tak jarang, seseorang terpaksa harus bekerja dari fajar hingga bertemu fajar lagi, ataupun memiliki beberapa mata pencaharian sekaligus. Hal ini menjadi menarik ketika ternyata mitra pengemudi Uber yang sering kita jumpai juga tak lepas dari fenomena ini.

Adapun beberapa fakta unik yang didapatkan berdasarkan data dari Uber Indonesia, yakni:

  1. 46% mitra pengemudi bergabung dengan Uber karena fleksibilitas untuk menentukan waktu mengemudi (sumber: riset AlphaBeta)
  2. 61% mitra pengemudi menggunakan Uber kurang dari 10 jam per minggu

Sebagian dari para mitra pengemudi Uber ternyata menggunakan waktu luang mereka untuk berbisnis. Selain itu, sebagian justru mengaku bahwa profesi sebagai mitra pengemudi Uber adalah profesi sampingan sebagai pengisi waktu luang atau mencari variasi disela kegiatan bisnis mereka. Beberapa diantara mereka bahkan menjadikan profesi tersebut sebagai salah satu strategi dalam memasarkan atau mempromosikan produk/jasa bisnis mereka.

Menyadari kondisi tersebut, Uber Indonesia menghadirkan program UberENTREPRENEUR yakni sebuah inisiatif untuk mengapresiasi, mendukung dan menghubungkan para pemilik usaha kecil dan menengah yang juga merupakan mitra pengemudi Uber. Kegiatan ini dijalankan dengan harapan untuk memaksimalkan potensi bisnis yang dimiliki para mitra pengemudi. Sejalan dengan tujuan tersebut, Kelola sebagai perwakilan dari Excellerate Labs turut berpartisipasi dalam mendukung kesuksesan UberENTREPRENEUR 2017 sebagai fasilitator business training dalam bidang digital marketing, manajemen keuangan, dan investasi reksa dana. Ketiga hal ini dianggap penting untuk dipahami dan dipraktikkan oleh seorang entrepreneur dalam rangka mencapai kesuksesan bisnis.

Acara UberENTREPRENEUR 2017 yang terselenggara untuk pertama kalinya di Indonesia, berlangsung di 3 kota yakni Bandung (2 November 2017), Surabaya (7-8 November 2017), dan Jakarta (14-15 November 2017) yang sukses terselenggara dengan baik dan dihadiri oleh lebih dari 250 orang mitra pengemudi (mobil dan motor) Uber.


 
Used-1

 

Antusiasme para mitra pengemudi dapat dikatakan tinggi, yang terlihat dari semangat mereka untuk hadir dan menunggu sejak pagi hari. Setelah melakukan registrasi ulang, para mitra pengemudi dipersilahkan untuk memasuki ruangan pelatihan. Mereka pun diberikan kesempatan untuk saling menyapa antar sesama mitra pengemudi sembari menunggu acara dimulai.


 
Used-2

 

Acara dibuka dengan kata sambutan dari pihak Uber Indonesia dan Kelola sebagai perwakilan dari Excellerate Labs. Selain memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai program UberENTREPRENEUR dan manfaatnya bagi para mitra pengemudi, mereka juga dihimbau agar dapat mengikuti kegiatan business training ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.


 
Used-3

 

Selanjutnya, memasuki rangkaian utama kegiatan, sesi pertama dimulai dengan pelatihan digital marketing yang disampaikan oleh Bapak Galih Pamungkas selaku Partner-Digital Marketing Excellerate Labs. Sesi ini dimulai dengan menggarisbawahi kelebihan digital marketing dalam menjalankan bisnis. Kemudian beliau menjelaskan beberapa konsep mendasar yang perlu diketahui oleh seseorang yang ingin menjalankan praktik pemasaran seperti ini. Dilengkapi dengan studi kasus beberapa perusahaan yang telah berhasil menjalankan digital marketing, para mitra pengemudi kemudian diajak untuk belajar lebih jauh mengenai cara pembuatan konten yang tepat sasaran dan sesuai dengan media/saluran pemasaran yang digunakan. Terakhir, para mitra pengemudi diajak untuk melakukan simulasi dan praktik digital marketing secara langsung.


 
Used-4

 

Sesi kedua adalah pelatihan manajemen keuangan yang disampaikan oleh Bapak Melvin Mumpuni selaku CEO dan Founder Finansialku.com. Beliau mengawali pelatihan sesi kedua dengan satu pertanyaan menarik yakni “Bagaimana caranya untuk menjadi orang kaya tanpa korupsi atau klenik?”. Melalui penjelasannya, beliau menitikberatkan investasi sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut. Dalam konteks ini, reksa dana merupakan kendaraan paling tepat yang dapat digunakan karena cenderung menawarkan kestabilan dalam aspek pengembalian dan risiko. Selain itu, para mitra pengemudi juga diajarkan cara untuk melakukan simulasi penghitungan investasi yang dapat dilakukan untuk memenuhi impian atau tujuan di masa mendatang. Sebagai contoh, penghitungan waktu dan besaran investasi yang harus dilakukan hingga seorang mitra pengemudi dapat membeli mobil baru yang ditujukan untuk usaha rental yang tengah dijalani. Terakhir, beliau memberikan contoh platform investasi reksadana yang terpercaya dan dapat dimanfaatkan oleh para mitra pengemudi untuk mulai menjalankan manajemen keuangan yang baik, yakni salah satunya melalui investasi sejak dini.


 
Used-5

 

Sesi ketiga dilanjutkan dengan sharing yang dilakukan oleh perwakilan mitra pengemudi Uber yang dapat dikatakan cukup sukses dalam menjalankan bisnisnya. Adapun beberapa mitra pengemudi yang turut berbagai kisah inspiratifnya di 3 kota adalah sebagai berikut:

  1. Angga Ramadhan (@potssupply)
  2. Dwiyan Nugroho (@destinyapparel)
  3. Bapak Zendy (Bisnis perkebunan & supplier ikan)
  4. Dimas R. Saputra (Sumo Tako Food, Tasty Production, dan Sumo Vacations)
  5. Muhammad Zaki (Wedding Organizer)
  6. Eko Setyo Nugroho (@yavanaguitar)


 
Used-6

 

Sesi terakhir merupakan pengenalan investasi reksa dana serta platform investasi reksadana online yakni Kelola yang disampaikan oleh Bapak Andromeda Wicaksono sekalu Sales Manager Kelola. Pelatihan diawali dengan penjelasan seputar manfaat dan pentingnya investasi, yang diharapkan dapat mengubah mindset masyarakat yang cenderung menganggap kegiatan investasi memiliki kaitan yang erat dengan “modal yang besar, risiko yang tinggi, kerugian, banyaknya biaya tambahan, serta uang yang dikunci atau tidak dapat diambil”. Dalam konteks ini, Kelola menjadi salah satu solusi bagi siapa saja yang ingin mulai berinvestasi tanpa adanya hambatan-hambatan tersebut.

Kelola sebagai platform investasi online yang menawarkan pengalaman investasi yang mudah, aman, dan menyenangkan dengan minimum awal investasi sebesar Rp100.000,00, risiko kerugian yang rendah, bebas biaya administrasi, dan bersifat likuid. Sesi ini menjadi penting, mengingat adanya kecenderungan manfaat investasi yang tidak dapat dirasakan oleh seseorang hanya karena yang bersangkutan memiliki pandangan dan pemahaman yang tidak tepat mengenai investasi.


 
Used-7

 

Adapun dalam rangka mengukur pemahaman para peserta mengenai materi yang telah disampaikan, kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis berhadiah. Kedua sesi terakhir berlangsung dengan sangat seru yang terlihat dari semangat dan antusiasme para mitra pengemudi dalam mengikuti sesi ini.


 
Used-8

 

Acara ini pun tidak akan dapat terselenggara dengan baik tanpa adanya dukungan serta bantuan dari para partner Kelola yakni Finansialku.com dan HarukaEdu. Finansialku.com merupakan sebuah portal dan aplikasi keuangan yang dapat membantu pengguna dalam merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik. Sedangkan HarukaEdu merupakan sebuah perusahaan teknologi yang menawarkan solusi teknologi informasi bagi penyelenggara pendidikan, baik formal maupun informal, untuk menyediakan layanan pendidikan secara online.


 
Used-9

 

Tak lupa, Kelola juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada pihak Uber Indonesia atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada Kelola untuk menjadi fasilitator dalam penyelenggaraan UberENTREPRENEUR yang pertama di Indonesia yakni di tahun 2017 ini.

Oleh:
Tim Editor Kelola